Apa itu Refresh Rate? Pengaruh gak sih buat Gaming?

Halo Sob!
Gimana nih kabarnya? Sehat dong pasti.
Udah mau lebaran aja nih, kira-kira kamu udah siap belum? Nabung, buat beli games. Haha. Iya.

SOB! TAU APA ITU REFRESH RATE?

Sebelum membahas refresh rate lebih jauh, kalian terlebih dahulu harus memahami bahwa semua layar yang kalian lihat saat ini, mulai dari handphone, monitor, TV dsb, tidak lah statis (diam), panel pada layar akan terus memperbaharui pixel secara berkala.

Refresh rate adalah tolak ukur seberapa cepat layar akan me-refresh pada layar per detiknya, refresh rate diukur dalam satuan hertz (Hz) dan waktu antara pembaruan tersebut diukur dalam milidetik(ms). Jika layar kalian memiliki refresh rate 144 Hz, maka ia akan me-refresh gambar 144 kali per detik. Saat dipasangkan dengan frame rate tinggi yang dihasilkan oleh kerja sama GPU dan CPU, akan menghasilkan tampilan yang lebih mulus dan FPS yang lebih tinggi.

 

SEMAKIN TINGGI REFRESH RATE, SEMAKIN RENDAH LATENSI

Perlu kalian ketahui, ketika mencoba untuk merekam layar monitor dengan menggunakan smartphone, akan muncul garis-garis horizontal. Setiap baris horizontal pixel diperbarui secara bergantian, hingga seluruh layar diperbarui sesuai keperluan. Tampilan terus refresh, tetapi butuh waktu untuk menyelesaikan satu siklus refresh.Semakin tinggi refresh rate, semakin cepat pixel diperbarui. Hal ini juga berarti latensi yang rendah! Jika 60Hz butuh 16,6 milisekon (ms) untuk me-refresh, maka 120Hz hanya butuh 8,3 ms! Dengan kata lain, refresh rate memang faktor terpenting dalam mencegah latensi pada layar monitor.

HARUS DI IMBANGI DENGAN KOMPONEN YANG MENDUKUNG

Mendapatkan refresh rate yang tinggi memang menjadi dambaan bagi pencinta game maupun pecinta film sob, dengan tampilan yang memanjakan mata, membuat pengalaman bermain game dan menonton film jadi lebih nyaman, namun semua hal tersebut harus diimbangi dengan kompoten yang dapat mendukung refresh rate yang tinggi.

Monitor hanya dapat menampilkan gambar pada kecepatan yang dihasilkan sistem, jadi penting agar CPU dan GPU kalian mampu menyelesaikan proses ini dengan cepat. Jika CPU dan GPU kalian tidak mampu memasok monitor dengan frame rate tinggi, maka monitor kalian tidak akan mampu menghasilkan gambar dengan refresh rate tinggi terlepas dari seberapa bagus spesifikasi PC Anda.

Jadi jika monitor kalian memiliki refresh rate 144 Hz tetapi GPU hanya memasok 30 frame per detik, refresh rate tinggi tersebut tidak akan berfungsi. Begitu juga dengan kabel yang digunakan, walau kabel mendukung refresh rate yang tinggi, tapi komponen lain nya tidak mendukung, refresh rate tinggi tidak akan tercapai. Karena pada dasar nya kabel hanya sebagai penghubung agar komponen lain dapat bersinergi dan menghasilkan refresh rate yang diingingkan.

 

Untuk memanfaatkan refresh rate yang lebih tinggi, Kamu wajib tau tiga komponen terpenting ini Sob:

  • Monitor dengan kemampuan refresh cepat.
  • CPU yang cukup cepat untuk menyediakan instruksi game kritis, termasuk AI, efek fisika, logika game, dan merender data.
  • GPU yang cukup cepat untuk menjalankan instruksi tersebut dengan cepat dan menciptakan grafis yang Anda lihat di layar.

Jadi, Kamu sudah ngerti kan Sob? Seberapa penting Refresh Rate dalam bermain game?
Buat Kamu yang ingin tau tentang produk Vention yang mendukung Refresh Rate tinggi, kalian bisa langsung cek Tokopedia kita disini.

Nah, pengen tau seputar teknologi dan cerdas bareng Kami? Subscribe terus yaa Blog Vention.
Terus Support Vention Indonesia yah Sob, dengan membeli produk-produk original Vention diseluruh Marketplace favorit kalian!
Jangan sampai ketinggalan berbagai macam info dan event menarik, langsung Follow Instagram @vention.id yah Sob!! 😁😁